KI Tuban Goes to SLB Jati Wiyata Darma

SLB Jati Wiyata Darma, Tuban
Sabtu, 27 April 2019
~~~

#part1
Kelas Inspirasi dikenal sebagai gerakan sehari menginspirasi di satu sekolah yang dijadikan zona inspirasi oleh tim tertentu. Namun, Kelas Inspirasi Tuban menginisiasi gerakan goes to SLB pada tahun ini. Jelas sangat berbeda dengan Kelas Inspirasi pada umumnya yang membidik sekolah-sekolah dasar biasa di beberapa pelosok daerah kecil.

Selain mendatangkan relawan dari berbagai kota dan latar belakang, panitia penyelenggara juga membuka donasi yang diperuntukkan kepentingan kegiatan dan berbagi pada. Sejumlah acara disusun untuk memastikan kegiatan roadshow Kelas Inspirasi Tuban berjalan lancar.

Di antara 3 SLB di Tuban, panitia memilih SLB Jati Wiyata Darma yang beralamatkan di Jalan Letda Sucipto. Di sana, terdapat 3 kelas untuk difabilitas, yaitu kelas A (tuna rungu) kelas B (tuna netra) dan kelas C (tuna grahita) dengan total keseluruhan siswa 61 yang tersebar dari berbagai daerah di Tuban.

Acara dibuka sekitar pukul 08.00 dengan perkenalan singkat para relawan. Kepala sekolah juga menyampaikan sambutan singkat. Kemudian, dilanjut dengan persembahan sederhana oleh adik-adik. Pertama, oleh Ifa, penyandang tuna netra. Dia menampilkan permainan keyboard dengan aransemen lagu Jangan Menyerah oleh D’Masiv dan lagu yang belakangan jadi trending youtube, On My Way-nya Alan Walker.

Kemudian, tampil pula Bagas, juga penyandang tuna netra yang tampil percaya diri untuk bernyanyi. Ia membawakan lagu Kuasa-Mu dari Bunga Citra Lestari dan lagu legendaris Koes Plus, Buat Apa Susah. Persembahannya diiringi permainan gitar Kak Agung, relawan yang juga akan menjadi pendongeng dalam kegiatan Roadshow kali ini.

Panitia juga mendatangkan relawan dokter gigi langsung dari PDGI cabang Tuban guna sosialisasi cara menggosok gigi. Bukan hanya demo, tapi juga diajarkan langsung pada seluruh adik-adik. Sikat dan pasta gigi, lengkap cangkir sudah disediakan untuk memfasilitasi acara gosok gigi bersama ini.

Oh ya. Panitia Kelas Inspirasi Tuban tidak hanya menyelenggarakan acara ini untuk anak-anaknya saja. Namun, seluruh wali murid juga diundang untuk mengikuti seminar parenting yang diisi oleh dr. Nunik Rumaisha dan Fira Fitra, SE. dari komunitas disabilitas Tuban. Segalanya sengaja dipersiapkan dengan matang oleh panitia supaya memberikan kesan baik tentang keberadaan relawan Kelas Inspirasi.

Sumber : http://muthyasadeea.blogspot.com/2019/05/ki-tuban-goes-to-slb-jati-wiyata-darma.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *